Home » , , , » Penyebab Gula Darah Naik Turun Pasien Diabetes

Penyebab Gula Darah Naik Turun Pasien Diabetes

Pasien Diabetes
Penyebab Gula Darah Naik Turun Pasien Diabetes memang beragam, dan hal ini harus diperhatikan terutama bagi penderita diabetes. Memang, praktek menjaga gula darah tetap stabil tidak semudah teori yang diberikan oleh dokter maupun ahli gizi yang menangani penyakit diabetes anda. Karena pada kenyataannya, meski telah disiplin minum obat dan menjaga pola makan, kadar gula darah masih saja naik turun.

Mengenali Penyebab Gula Darah Naik Turun pada pasien diabetes (diabetesi), bisa dilakukan dengan pengamatan diri sendiri. Karena ada beberapa penyebab yang sulit dikenali, dan tidak menjadi kepastian antara satu pasien dangan pasien yang lain.

Setelah mengenali faktor-faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya gula darah, pasien bisa menjaganya tetap stabil. Beberapa faktor tidak terduga yang juga bisa membuat gula darah naik turun adalah sebagai berikut:

Pemanis buatan yang biasanya terdapat pada minuman kemasan atau biskut. Pasien diabetes sebaiknya menghindari makan-makanan dan minuman itu dan menggantinya dengan air putih dan mengkonsumsi buah sebagai cemilan.

Dehidrasi pada pasien diabetes juga bisa meningkatkan kadar gula darah, karena gula yang bersirkulasi menjadi lebih terkonsentrasi. Sedangkan kadar gula darah yang tinggi akan membuat pasien lebih sering buang air kecil sehingga memicu dehidrasi lebih parah.

Obat-obatan selain obat diabetes, apabila dikonsumsi juga bisa memperburuk kadar gula darah. Contoh ekstremnya adalah steroid (untuk mengobati gangguan autoimun atau asma), obat ini bisa akan membuat gula darah naik dengan cepat. Obat lain seperti Pil kontrasepsi, antidepresan, dan pelega hidung tersumbat juga bisa membuat gula darah menjadi meningkat.

Kurang tidur di malam hari bagi pasien diabetes juga bisa mempengaruhi kadar gula darah. Kurang tidur akan menyebabkan stres kronik di tubuh, dan apabila pasien diabetes merasa stres, maka kadar gula darah akan meningkat.

Selain penyebab diatas, tidak sedikit pasien diabetes yang juga mengalami peningkatan kadar gula darah pada waktu padi hati. Hal ini terjadi karena pada jam 3-4 pagi tubuh melepaskan hormon-hormon tertentu, yang menyebabkan tubuh jadi lebih sensitif pada insulin dan pada pengidap diabetes akan menjagi penyebab gula darah naik. Semoga tips dari Tips Kesehatan Keluarga Bunda ini membantu anda dalam mengontrol gula darah yang anda alami.

Ringkasan:
  • Disiplin minum obat dan menjaga pola makan tidak akan selalu membuat kadar gula darah tetap stabil,
  • Pasien diabetes sebaiknya menghidari Pemanis buatan, kurang minum dan kurang tidur di malam hari,
  • Naiknya Gula Darah Pasien Diabetes juga biasanya terjadi pada pagi hari.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger