Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tidur yang Benar agar Sperma Tetap Sehat

Cara tidur seorang pria ternyata juga berpengaruh terhadap kualitas sperma, dan yang paling penting adalah durasi dari tidur seorang pria. Supaya kondisi sperma teteap berkualitas, anda disarankan untuk tidur 7-8 jam, tidak kurang dari 6 jam dan tidak lebih dari 9 jam pada malam hari.

Hal ini diketahui dari penelitian yang menganalisis gaya hidup lebih dari 700 pasangan selama satu tahun. Para ahli menemukan bahwa pria yang tidur kurang dari 6 jam di malam hari memiliki kemungkinan 31% lebih rendah bisa membuahi istrinya dibandingkan seorang pria yang tidur 7-8 jam.

Sedangkankan pria yang tidur lebih dari 9 jam pada malam hari berakibat lebih buruk karena hanya mempunyai kemungkinan berhasil membuahi sel telur 49 persen lebih rendah dibandingkan seorang pria yang tidur 7-8 jam.

Penelitian tersebut menggunakan kehamilan sebagai indikator kesuburan pria, bukan data perhitungan sperma atau kemampuan sperma berenang untuk membuahi sel telur. Sehingga, memang ada keterbatasan apakah durasi tidur berpengaruh langsung terhadap kualitas sel sperma.

Namun memang, kurang tidur bisa mengurangi hormon testosteron yang sangat penting terhadap produksi sperma. Pria yang kurang tidur di malam hari umumnya mempunyai gaya hidup yang buruk, seperti merokok, minum alkohol, ataupun obesitas. Kondisi tersebut akan mempengaruhi kondisi sperma yang dihasilkan.

Apabila anda termasuk orang yang tidurnya tidak teratur atau selalu kurang dari yang direkomendasikan dan anda sedang melakukan program untuk mempunyai momongan, ubahlah pola tidur tersebut paling tidak selama 3 bulan agar kualitas sperma anda kembali berkualitas. Perlu anda ketahui bahwa, Sel sperma matang dalam 72 hari sehingga dibutuhkan waktu lebih kurang 2 bulan untuk meningkatkan kesuburan sebelum melakukan program kehamilan bersama istri anda.

Ringkasan:
  • Cara tidur pria terutama polanya mempengaruhi kualitas sperma sehingga mampu membuahi sel telur,
  • Waktu ideal agar sperma berkualitas adalah 7-8 jam di malam hari,
  • Kurang tidur atau berlebihan dimungkinkan bisa mempengaruhi kemampuan sperma untuk membuahi sel telur.

Post a Comment for "Cara Tidur yang Benar agar Sperma Tetap Sehat"