Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kehamilan di Usia 35 Tahun Ke atas

Kehamilan di Usia 35 Tahun
Kehamilan di Usia 35 Tahun Ke atas memang akan berisiko lebih tinggi dibandingkan kehamilan di usia sebelum 30 tahun. Dan apabila saat ini anda mengalami kehamilan, meski usia anda lebih dari 35 tahun, memang anda tidak sendirian. Bahkan masih banyak wanita yang memutuskan untuk menunda kehamilan sampai usia pertengahan 30-an atau 40-an. Keyakinan yang kuat memang akan membuat kehamilan berisiko ini lebih aman dan bayi pun lahir dengan sehat.

Adapun Resiko yang akan dialami, apabila seorang wanita memutuskan untuk hamil setelah usia lebih dari 35 tahun, adalah:
  • Wanita berusis diatas 30 tahun, menghasilkan sel telur yang kurang berkualitas, dan siklus menstruasi biasanya mulai tidak teratur. Hal ini menyebabkan akan lebih sulit mendapatkan kehamilan.
  • Bayi yang dilahirkan beresiko lebih tinggi mengalami kelainan kromosom, seperti Down syndrome.
  • Resiko diabetes gestational bahkan keguguran akan lebih tinggi. 
  • Perubahan hormonal pada wanita diatas 30 tahun dapat menyebabkan wanita melepaskan lebih dari satu telur setiap kali berovulasi, sehingga kemungkinan mengandung bayi kembar lebih tinggi.
  • Karena Anda berada pada risiko lebih tinggi terkena komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan, Anda juga lebih mungkin untuk memerlukan operasi Caesar.
Hindari Stress dan biasakan gaya hidup sehat dapat meningkatkan kemungkinan wanita usia 30 tahun keatas lebih tinggi mendapatkan kehamilan dan mengurangi resiko yang akan dihadapi. Anda juga dapat melakukan senam ringan dengan persetujuan dokter, melakukan yoga, bersantai dan menikmati waktu khusus dalam hidup dengan kehamilan yang anda alami. Anda juga dapat melakukan Tips-Tips menjaga Kehamilan di Usia di atas 30 tahun sebagai berikut:

Diet Seimbang 

Wanita hamil terutama di usia tua harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat, kalsium, zat besi, dan protein. Vitamin prenatal juga sebaiknya dikonsumsi sebelum hamil dan berlanjut setelah hamil.

Menjaga Berat Badan Sehat

Wanita yang mengalami obesitas (indeks massa tubuh 30 atau lebih tinggi) khususnya yang berusia lebih dari 30 tahun, biasanya akan lebih sulit hamil.

Lakukan Tes Pra kehamilan

Tes diagnostik seperti amniosentesis dan chorionic villus sampling dapat membaca kromosom bayi dan menentukan apakah bayi yang anda kandung berisiko memiliki kelainan kromosom atau tidak. Namun, anda perlu berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter karena ada kemungkinan pengujian mengakibatkan keguguran.

Hindari Zat Berbahaya

Wanita hamil harus menghindari minuman beralkohol, minum obat tertentu,  narkoba, merokok atau duduk di ruangan yang penuh asap rokok.

Sebelum hamil atau melakukan program kehamilan, anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mereka akan membantu anda menentukan apakah tubuh Anda sehat untuk hamil dan menjawab setiap pertanyaan anda ingin ketahui mengenai kehamilan saat usia anda diatas 30 tahun.

Ringkasan:
  • Kehamilan di Usia 35 Tahun keatas lebih berisiko terjadi bayi Down syndrome, Kehamilan Kembar dan keguguran,
  • Agar Kehamilan di Usia 35 Tahun ke atas aman, anda harus Diet Seimbang, Menjaga Berat Badan Sehat, melakukan Tes Pra kehamilan dan Hindari Zat Berbahaya.

Post a Comment for "Tips Kehamilan di Usia 35 Tahun Ke atas"