Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Mudah Mencegah Kepikunan Dini

Tips Mencegah Kepikunan Dini
Kepikunan Dini memang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, dan mungkin termasuk anda. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme manusia akan semakin melambat dan tidak menutup kemungkinan daya pikir dan ingat akan menurun. Namun saat ini banyak orang yang berusia belum terlalu tua juga sudah mengalami kepikunan, sehingga tentu akan sangat merepotkan dirinya atau orang-orang disekitarnya.

Bagi anda yang tidak menginginkan hal ini terjadi, silahkan lakukan beberapa kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk menstimulasi otak agar terhindar dari kepikunan dini:

Pola Hidup Sehat 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Departemen Psikiatri FKUI/RSUPN Ciptomangunkusumo menyimpulkan, bahwa latihan fisik (aerobik atau berjalan kaki) yang teratur dan dapat mengurangi penumpukan lemak yang mengganggu aliran darah ke otak. Hal ini akan berfungsi untuk terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan oksigen untuk otak. Hal ini akan lebih maksimal apabila dibantu dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kombinasi olah raga dan diet.

Teratur Menyikat Gigi

Menyikat gigi teratur setiap hari berkaitan erat dengan fungsi otak kita manusia. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh gabungan dokter gigi dan psikiater di Inggris, terhadap pasien dengan usia 10 – 59 tahun dan menunjukkan bahwa radang gusi dan gigi menjadi salah satu penyebab kemampuan kognitif semakin parah. Untuk itu bagi anda yang tidak ingin mengalami kepikunan dini, sebaiknya menggosok gigi setelah makan.

Olah Raga Otak

Ternyata olahraga tidak hanya berupa fisik saja, namun olahraga otak bisa juga dilakukan untuk mencegah kepikunan dini. Adapun olahraga otak yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan sambil berfikir, seperti bermain Sudoku, teka teki silang, dan permainan lainnya yang dapat mengasah kemampuan otak agar selalu aktif.

Bersenang-Senang

Tertawa ternyata dapat menstimulasi bagian dari otak manusia yang mengeluarkan ‘perasaan bahagia’ melalui hormon dopamin. Tertawa juga dapat mengurangi stress dan tekanan mental. Untuk itu, selalu sempatkan diri dengan bersenang-senang saat sibuk agar kita lebih bahagia.

Ringkasan:
  • Kepikunan terjadi karena melambatnya system metabolisme manusia sehingga menurunkan daya ingat,
  • Kepikunan Dini bisa dicegah dengan Pola Hidup Sehat, Teratur Menyikat Gigi, Olah Raga Otak dan bersenang-senang,
  • Olahraga otak dengan bermain Sudoku, teka teki silang bisa meningkatkan daya ingat seseorang.

Post a Comment for "4 Tips Mudah Mencegah Kepikunan Dini"