Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Berpuasa Agar Tetap Bugar

Tips Berpuasa Agar Tetap Bugar
Berpuasa diketahui banyak orang berdampak baik bagi tubuh, bahkan metode Diet OCD yang diperkenalkan Deddy Corbuzier untuk menurunkan berat badan. Hal ini diperkuat dengan banyak penelitian yang membuktikan fakta yang juga sama dengan pernyataan tersebut. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa saat berpuasa asupan kalori menjadi terbatas sehingga diperlukan strategi khusus agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, khususnya puasa ramadhan seperti saat ini.

Agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, maka tubuh harus mendapatkan asupan zat gizi yang cukup. Dan zat gizi yang perlu diprioritaskan bukan hanya karbohidrat dan protein.  Asupan karbohidrat dan protein penting, karena saat berpuasa tubuh paling kehilangan kedua zat gizi tersebut. Apabila tidak segera diganti maka fungsi tubuh bisa terganggu. Hal ini berbeda dengan lemak yang kadar dalam tubuh tidak begitu banyak berkurang saat berpuasa ramadhan.

Lemak akan lebih lama disimpan di dalam tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Untuk itu, bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, sebaiknya mengonsumsi karbohidrat dan protein di saat sahur dan berbuka puasa, dan memilih makanan yang rendah lemak.

Zat gizi yang juga perlu banyak dikonsumsi saat Berpuasa Ramadhan tentu saja adalah air. Karena saat berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan air dan mengalami dehidrasi ringan, sehingga saat berbuka, air lah yang harus menjadi asupan pertama, sebelum anda mengkonsumsi makanan apapun.

Tips Berpuasa Agar Tetap Bugar tidak perlu mengurangi aktivitas (olahraga, atau aktivitas fisik yang lain), meskipun boleh saja menurunkan intensitasnya. Anda sebaiknya juga tidak makan berlebihan saat sahur dan berbuka karena dapat membebani kerja pencernaan. Saat berbuka sebaiknya sedikit dan saat setelah sholat tarawih anda juga makan sedikit.

Ringkasan:
  • Puasa memberikan dampak baik untuk tubuh dan telah dibuktikan berbagai penelitian,
  • Asupan yang penting saat berpuasa adalah Karbohidrat, Protein dan air.
  • Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan saat puasa, yaitu saat sahur, buka puasa dan setelah sholat tarawih.

Post a Comment for "Tips Berpuasa Agar Tetap Bugar"