Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Membersihkan Ingus Bayi

Cara Membersihkan Ingus Bayi
Membersihkan Ingus Bayi meski cukup sederhana, namun banyak orang tua yang masih belum mengetahui bagaimana melakukannya dengan cara yang benar. Ingus bayi terutama saat bayi flu, apabila tidak dibersihkan akan mengganggu pernapasan bayi dan tentu akan terlihat jorok.

Karena alasan diatas, maka tips kesehatan untuk keluarga akan memberikan tips kepada anda bagaimana cara membersihkan Ingus Bayi dengan cara yang benar, yang diantaranya adalah:

Menyedot Hidung

Membersihkan Ingus bayi dengan cara tradisional, adalah dengan menyedot ingus bayi dengan menggunakan mulut. Cara ini masih diperdebatkan oleh para pakar, ada pro dan kontra. Namun apabila anda ingin melakukannya, pastikan yang menyedot tidak sedang sakit yang dapat menularkan penyakitnya ke bayi.

Adapun cara menyedot ingus bayi dengan mulut adalah dengan mengisap salah satu lubang hidung, dan jangan pernah menghisap ingus di dua lubang hidung sekaligus, karena sangat berbahaya. Menghisap ingus di dua lubang hidung sekaligus akan menyebabkan lendir naik ke telinga tengah, dan memicu terjadinya infeksi telinga tengah.

Menyedot ingus bayi juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang saat ini telah diperjual belikan di apotek. Alat penghisap ingus ini ada yang manual ada yang elektrik, sehingga anda bisa lebih mudah merawat bayi saat flu dan menghindari tertularnya virus influenza ke diri anda.

Kapas Bertangkai (Cotton Buds)

Membersihkan Ingus Bayi juga bisa dilakukan dengan menggunakan Cotton Buds yang teah dibasahi dibasahi dengan air hangat dan dilakukan dengan cara sangat lembut. Cara lebih tepat digunakan untuk membersihkan kotoran hidung yang sudah kering. Cara ini bisa dilakukan apabila memang ingus sudah terlihat di tepi cuping hidung dan jangan coba membersihkan atau mengorek - ngorek kotoran yang masih berada di bagian dalam hidung. Hal ini dikarenakan dapat mendorong kotoran semakin ke tengah.

Bawa Ke Dokter

Apabila buah hati anda menderita flu berat, ditandai dengan ingus cair selalu keluar dari hidung selama lebih dari 3 hari dan disertai demam yang mengganggu tidur buah hati, maka disarankan untuk membersihkan ingus bayi di dokter dan sekaligus dilakukan pengobatan influenza. Biasanya dokter akan menggunakan alat berupa aspirator hidung bayi untuk membersihkan kotoran di dalam hidung, yang tentu alat ini jauh lebih aman.

Ringkasan:
  • Ingus Hidung pada bayi apabila tidak dibersihkan akan mengganggu pernapasan dan terkesan jorok,
  • Membersihkan Ingus Bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan cara yang tepat agar tidak membahayakan kesehatannya,
  • Cara Membersihkan Ingus Bayi bisa dilakukan dengan cara menghisap hidung, Membersihkan dengan catton buds, dan meminta bantuan dokter.

Post a Comment for "3 Cara Membersihkan Ingus Bayi"