Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kista dan Hubungannya dengan Proses Kehamilan

Kista pada wanita
Kista adalah jenis penyakit yang selalu dikaitkan dengan masalah kesuburan sehingga menyebabkan wanita sulit hamil. Namun sebenar Bunda tidak perlu khawatir dan takut karena penderita kista yang bersifat jinak dan berukuran kecil tidak mempengaruhi kesuburan, sehingga masih mungkin terjadi kehamilan.

Kista berbahaya, apabila bersifat abnormal yang ditandai dengan ukuran kista yang lebih besar. Tumor atau Kista, biasanya terdapat cairan-cairan yang salah satunya dapat berasal dari Corpus Luteum, yang berfungsi untuk menyediakan progresteron dalam mempertahankan janin selama hamil, terutama sampai usia kehamilan 4 bulan.

Jenis Kista memang banyak, namun yang paling sering ditemukan pada wanita, diantaranya adalah:

Kista Ovarium


Kista ovarium biasanya tidak akan mempengaruhi kesuburan wanita, namun apabila kista membesar hingga mencapai ukuran 6 cm hingga mencapai 8 cm, dapat menyebabkan masalah terutama apabila sedang hamil. Kista ovarium pada saat hamil, bisa berkembang dan tumbuh batang yang akan memutar dan pecah. Hal ini tentu menyebabkan rasa sakit, sehingga mungkin ibu hamil membutuhkan pertolongan medis, untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur.

Kista Endometriosis


Endometriosis memang tidak selalu berbentuk kista, namun memang bentuknya mirip seperti kista. Endometriosis adalah kelenjar di dinding rahim yang bersifat tidak normal dan tumbuh berkembang di luar rahim.  Kista jenis ini akan menggangu kesuburan wanita karena memicu perlengkatan ujung tuba fullopi, sehingga mengganggu proses pelepasan sel telur yang matang dan tentu akan menyulitkan proses pembuahan.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa 40% wanita yang menderita Kista Endometriosis sulit untuk mendapatkan kehamilan, terutama untuk kista stadium 3 dan 4.

Pengobatan Kista

Agar tidak berkembang lebih ganas, kista tentu harus diobati sesuai dengan tipe, ukuran dan usia penderita. Untuk kista lutein yang sering terjadi pada ibu hamil, biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk kista polistik ovarium menetap, harus dilakukan operasi untuk pengangkatan kista.

Kista memang tidak selamanya menjadi penyebab wanita sulit hamil. Namun pencegahan dengan deteksi dini menggunakan bantuan alat-alat medis (Pap Smear) dapat mengurangi resiko, terkena kista neoplasma yang bersifat ganas. Kista Neoplasma dapat mengakibatkan wanita terkena kanker ovarium.

Ringkasan:
  • Kista Endometriosis dapat mengganggu kesuburan wanita, karena menyumbat saluran tuba fullopi,
  • Kista pada ibu hamil dapat memicu persalinan prematur,
  • Kista berbahaya apabila bersifat abnormal seperti kista neoplasma, karena dapat memicu kanker ovarium.

Post a Comment for "Jenis Kista dan Hubungannya dengan Proses Kehamilan"