Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi tidak teratur, yang setiap bulannya lebih cepat atau sebaliknya, dan adanya perubahan banyak atau sedikitnya pendarahan saat menstruasi bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang sedang anda alami. Namun tentu kepastiannya, membutuhkan analisis lebih lanjut dan tentu tidak ada salahnya untuk mengenali beberapa kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjelaskan beberapa masalah yang mungkin saja menjadi Penyebab Terganggunya SiklusMenstruasi, yang diataranya adalah sebagai berikut:
  • Adanya Masalah Kelenjar Tiroid, yang dimana kelenjar ini berfungsi dalam proses metabolisme yang juga memberikan dapak terhadap siklus menstruasimu. Hal ini terjadi saat kelenjar ini menjadi lebih aktif atau sebaliknya.
  • Fibroid uterus, merupakan pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim (bukan kanker dan tidak mematikan). Namun bisa menjadi  Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi dengan gejala seperti rasa tidak nyaman dan termasuk perdarahan menstruasi yang berat, terutama pada wanita berusia 30 sampai 40-an.
  • Penyakit Diabetes biasanya juga menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Kondisi ini disebabkan karena hormon endrogen pada pasien diabetes yang juga meningkat. Selain siklus menstruasi tidak teratur meningkatnya hormon endrogen juga memicu jerawat berlebihan dan meningkatkan resiko penyakitjantung pada wanita.
  • Endometriosis terjadi saat jaringan yang melapisi bagian dalam rahim (endometrium) mulai tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan di ovarium, saluran tuba, atau jaringan panggul dapat menyebabkan pendarahan yang lebih berat dan juga rasa sakit teramat sangat.
  • Wanita yang Terlalu Kurus, kemungkinan akan mengalami gangguan siklus menstruasi. Hal ini dikarenakanhormon yang ada dalam tubuh menjadi terganggu.,
  • Kelainan Darah, akan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Salah satunya adalah penyakit von Willebrand yaitu kelainan pendarahan yang di dapat secara turun temurun, dapat menyebabkan kelainan menstruasi seperti pendarahan yang berat.
Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi tidak teratur bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan pada wanita,
  • Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi seperti Masalah Kelenjar Tiroid, Fibroid uterus, Penyakit Diabetes, Endometriosis, terlalu kurus dan adanya kelainan darah.

Post a Comment for "Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi"