Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Rokok Pertama di Pagi Hari

Bahaya Merokok pada Pagi Hari
Bahaya Rokok hampir setiap orang telah mengetahuinya, bahkan pada bungkus rokok juga sudah dicantumkan bahaya merokok dan kedepan juga akan disertai Peringatan Bergambar pada bungkus rokok tersebut. Bagi perokok aktif, kebiasaan merokok di pagi hari sulit dihindari. Karena akan merasa kurang apabila tidak memulai hari tanpa merokok. Padahal, perlu anda ketahui bahwa merokok pada pagi hari, akan meningkatkan risiko kanker paru-paru, baik pada perokok ringan atau  berat.

Hal tersebut diatas dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan di italia, terhadap perokok dan mantan perokok. Metode Penelitian adalah melakukan survei tentang kebiasaan dan riwayat merokok peserta penelitian, termasuk didalamnya terdapat pertanyaan, "Berapa lama waktu yang dibutuhkan, dari bangun tidur sampai kemudian mulai merokok untuk pertama kali di setiap hari?"

Resiko perokok untuk meningkatkan resiko kanker paru-paru, kepala, dan leher sangat dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan perokok pada konsumsi nikotin. Sehingga dengan jawaban kapan waktu mereka merokok setelah bangun tidur akan mengungkap risiko mereka untuk meningkatkan resiko kanker tersebut.

Dalam penelitian didapatkan hasil, dari total 3.249 perokok yang dianalisis, 1.812 mengembangkan kanker paru-paru, dan sisanya tidak. Para peneliti menemukan bahwa risiko kanker paru-paru, kepala, dan leher cenderung lebih tinggi bagi perokok yang menghisap rokok pertama lebih cepat setelah bangun tidur.

Dan yang menarik, adalah risiko kanker akan lebih tinggi pada perokok ringan yang menghisap rokok pertamanya lebih pagi, dibandingkan perokok berat yang mulai menghisap rokok pertama pada waktu lebih akhir setelah bangun tidur. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa waktu menghisap rokok pertama setiap hari bisa menjadi salah satu cara memprediksi risiko kanker yang lebih tinggi.

Penelitian lain yang dilakukan di Jepang juga menunjukkan hubungan antara waktu menghisap rokok pertama dengan kanker paru-paru. Dimana meski seseorang hanya merokok satu atau dua batang dalam satu hari, namun dengan waktu yang lebih awal setelah bangun tidur, akan meningkatkan resiko kanker, dibandingkan dengan orang yang menghisap dua bungkus rokok dalam satu hari. Meski begitu tentu saja yang terbaik andalah anda berhenti merokok secara keseluruhan.

Ringkasan:
  • Perokok lebih berisiko terkena kanker dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah merokok,
  • Bahaya Rokok Pertama di Pagi Hari setelah lebih tinggi meningkatkan resiko kenker dibandingkan durasi yang lebih lama setelah bangun tidur,
Bersama: +KOMPAS.com , +Kompas TV , +detikcom , +Detikplus , +VIVA

Post a Comment for "Bahaya Rokok Pertama di Pagi Hari"