Home » , , , » 14 Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan

14 Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan

Latihan Gerakan Senam Nifas
Gerakan Senam Nifas berfungsi untuk mempercepat proses pemulihan alat-alat reproduksi wanita setelah persalinan. Senam ini juga berfungsi untuk mengembalikan kondisi fisik ibu yang baru melahirkan, sehingga lebih fit dalam menjaga dan siap untuk menyusui buah hati.

Adapun Senam Nifas pada artikel ini terbagi menjadi empat belas, yang diantaranya adalah:
  1. Awali Posisi Senam Nifas dengan terlentang, tubuh dan kaki dalam posisi lurus. Selanjutnya Lakukan kontraksi pada otot perut dan tekankan punggung bagian bawah anda ke lantai. Pertahankan posisi ini beberapa detik dan lima kali.
  2. Berbaring terlentang, kedua tungkai ditekuk, sedangkan kedua tangan diletakan diatas perut. Selanjutnya tarik nafas dengan memonyongkan mulut, kencangkan otot perut dan dubur kembali lemas. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali.
  3. Berbaring terlentang, posisi kedua lengan di samping badan, dan silangkan tungkai kanan ke atas tungkai kiri. Tariklah nafas kemudian keluarkan melalui celah bibir. Selanjutnya Kempiskan perut dan kerutkan dubur, lemaskan kembali, ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali kemudian ganti dengan posisi tungkai kiri di atas tungkai kanan dan ulangi sebanyak delapan kali.
  4. Berbaring terlentang , dengan posisi kedua lengan disamping badan putar kedua kaki kiri empat kali, kekanan empat kali, dorong kaki kanan dan kiri ke depan dan gerakkan ke belakang, ulangi delapan kali.
  5. Berbaring terlentang, silangkan kedua tangan pada dada. Selanjutnya angkat bagian atas tubuh ke posisi duduk. Apabila tubuh anda terasa fit, letakkan tangan dibelakang kepala dan angkat tubuh ke posisi duduk, mirip gerakan sit-up
  6. Berbaring di lantai, angkat lutut dan kedua telapak kaki lantai. Angkat bagian tubuh dari pundak dan lakukan kontraksi pada otot pantat.
  7. Berbaring di lantai, ke dua lengan dibentangkan, selanjutnya angkat kedua lengan hingga bersentuhan satu sama yang lain, dan selanjutnya secara perlahan-lahan turunkan kembali ke lantai.
  8. Berbaring terlentang, lipatkan salah satu kaki dan angkat lutut setinggi mungkin, hingga telapak kaki menyentuh pangkal paha anda.
  9. Berbaring terlentang, angkat kepala dan usahakan agar dagu menyentuh dada. Namun tubuh dan kaki tetap lurus.
  10. Berbaring terlentang, dengan posisi kedua tangan disisi tubuh. Angkat salah satu kaki dengan tetap lurus hingga membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini dengan kaki yang lain. Apabila merasa lebih kuat, coba gerakan ini dengan dua kaki bersamaan.
  11. Berbaring terlentang dengan kedua tungkai ditekuk, letakkan kedua lengan di samping badan, tarik lutut kiri kedada secara berlahan. Selanjutnya luruskan tungkai dan kaki kiri, tekuk kaki kiri ke belakang kearah punggung. Turunkan kaki secara perlahan kembali pada posisi awal. Anda bisa mengulangi gerakan ini sebanyak empat kali, selanjutnya ganti dengan tungkai kanan, dan ulangi kembali sebanyak empat kali.
  12. Gerakan Senam Nifas selanjutnya diawali dengan posisi berlutut, kedua lutut terpisah, letakkan dada dilantai sedekat mungkin kepada kedua lutut. Dan jagalah agar tubuh tetap diam dalam beberapa detik dan kaki tetap sedikit terpisah.
  13. Gerakan Senam Nifas juga bisa dilakukan dengan posisi duduk, kepala menunduk dan relaks. Selanjutnya putar kepala kekiri empat kali kemudian kepala ke kanan empat kali.
  14. Masih dengan posisi duduk, dengan kedua tangan saling memegang pergelangan tangan. Selanjutnya angakat pergelangan tangan setinggi bahu, geserkan tangan kesiku sekuat-kuatnya, kemudian geser ke posisi awal pelan-pelan, dan ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali.
Empat Belas Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan bisa anda praktekan, satu hari setelah persalinan. Namun tentu butuh waktu lebih lama untuk dapat memulai senam nifas apabila anda melakukan persalinan secara Caesar (paling tidak 1 minggu setelah persalinan). Apabila ada keraguan untuk melakukannya, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis yang menangani persalinan anda.

Ringkasan:
  • Senam Nifas bermanfaat untuk memulihkan alat-alat reproduksi wanita setelah melahirkan,
  • Gerakan Senam Nifas dilakukan bertahap dimulai dengan berbaring dan selanjutnya dengan duduk,
  • Gerakan Senam Nifas bisa mulai dilakukan satu hari setelah persalinan normal dan satu minggu setelah persalinan Caesar.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger