Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur
Menyusui Bayi yang Sedang Tidur tidak semudah yang anda bayangkan, karena tentu harus dengan teknik khusus sehingga bayi tidak melakukan penolakan atau tersendat. Ya penolakan pemberian ASI saat tidur ini bisa terjadi karena bayi tidak nyaman ketika minum ASI. Padahal untuk bayi yang baru saja lahir, pemberian ASI sebaiknya dilakukan 8-12 kali dalam waktu satu hari, atau sekitar 2-3 jam sekali.

Posisi yang nyaman untuk pemberian ASI dapat diklasifikasikan berdasarkan posisi yang sesuai ketika menyusui. Salah satu posisi yang jarang bisa membuat bayi nyaman minum ASI adalah ketika bayi anda menghabiskan waktu tidur. Hal ini tentu membuat banyak itu bertanya-tanya bagaimana memberikan ASI kepada buah hatinya yang sedang pulas tertidur?

Tidur adalah kebiasaan bayi yang juga dapat membantu dalam proses pertumbuhannya. Dan bagaimana cara memberikan ASI pada saat bayi sedang tertidur tanpa harus mengganggu waktu istirahatnya, bisa anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Bangunkan Buah Hati secara Berlahan, dan amati ketika bayi anda bangun, misalnya mata bergerak atau gerakan tubuh lainnya. Rengkungkan buah hati kemudian usap lembut hingga dia terbangun.
  2. Ubah posisi bayi ketika tertidur, bahkan saat minum ASI. Hal ini sering terjadi terutama karena bayi terlalu mengantuk sehingga menyebabkan dirinya tertidur. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya ubah posisi dengan lembut. Atau dengan kata lain , bangunkan dia secara hati-hati agar tidak tersendat.
  3. Bangunkan Bayi dengan mendekapnya dan mengayunkannya secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan apabila bayi anda tertidur saat meminum ASI. Anda juga bisa sedikit mengubah posisi bayi secara hati-hati hingga terbangun, atau anda bisa mengajaknya berbicara agar tetap terbangun.
Menyusui ketika bayi tertidur memang dapat menyebabkan beberapa masalah seperti bayi tersendat, sehingga akan lebih baik apabila memberikan ASI dengan membangunkan buah hati terlebih dahulu sehingga resiko bayi tersendat air susu dapat dikurangi. Anda harus mengusahakan pemberian ASI secara rutin sesuai jadwal, terutama pada bayi baru lahir. Hal ini tentu untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Ringkasan:

  • Pemberian ASI, terutama pada Bayi yang baru lahir harus rutin bahkan disaat-saat jam tidurnya,
  • Bayi Baru Lahir harus diberikan ASI sebanyak 8-12 kali atau dalam jangka waktu 2-3 jam sekali.
  • Menyusui Bayi yang Sedang Tidur harus dibangunkan terlebih dahulu dan mengusahakannya agar tetap terbangun selama menyusui,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Menyusui Bayi yang Sedang Tidur"