10 Penyebab Wanita Sulit Hamil

Penyebab Wanita Sulit Hamil
Gangguan kesuburan wanita sehingga menyebabkan sulit hamil dapat diakibatkan dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. Adapun masalah kesehatan ini disebabkan karena masalah ovulasi (fase pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi). Gejala awal wanita mengalami gangguan kesuburan adalah siklus menstruasi yang abnormal atau tidak teratur.

Adapun penyebab lain wanita sulit hamil, yang dikarenakan masalah ovulasi adalah sebagai berikut:
  • Menoupause Dini, atau terjadinya kekurangan atau hilangnya siklus menstruasi yang ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita berusia 40 tahun. Menopause dini bisa terjadi karena radiasi yang memicu kekebalan tubuh wanita menjadi terganggu. 
  • Kerusakan Saluran Telur (Tuba), yang biasanya disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual terutama oleh klamidia. Penyebab lain kerusakan saluran tuba adalah adanya penyumbatan penyakit karena radang panggung atau setelah dilakukan operasi kehamilan ektopik.
  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), adalah kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen yang tidak seimbang sehingga mengganggu masalah ovulasi dan terganggunya siklus menstruasi.
  • Endometriosis, adalah adanya jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, telur, saluran telur, rahim dan dan fungsi sperma.
  • Ovarium jaringan parut, yang disebabkan karena pembedahan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas dapat menyebabkan jaringan perut, folikel yang melekat memicu terjadinya gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.
  • Adhesi Pelvis, terjadi karena jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul atau usus buntu. Hal ini dapat mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mempersulit perjalanan sel telur wanita.
  • Masalah Tiroid abnormal yang terlalu aktif atau  kondisi tiroid tidak aktif, sehingga dapat menyebabkan masalah kesuburan wanita.
  • Pengobatan Kanker, dengan radioterapi dapat mengganggu sistem reproduksi pria atau wanita. Hal ini dikarenakan adanya efek samping dari radiasi tergantung pada bagian tubuh yang terpapar sinar radiasi.
  • Gaya Hidup tidak sehat, terutama pada perokok dan penggemar makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat dapat memicu gangguan kesuburan wanita. Pola hidup sehat lain yang dapat mengganggu kesuburan adalah konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, sehingga apabila berhati-hatilah mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. 
  • Usia Wanita, lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga memicu wanita sulit hamil. dan apabila terjadi kehamilan, maka Kehamilan pada usia diatas 40 tahun akan meningkatkan resiko keguguran dan kelahiran bayi dengan berat badan rendah.
Ringkasan:
  • Wanita sulit hamil dapat diakibatkan dengan berbagai alasan gaya hidup kondisi kesehatan,
  • Masalah kesehatan penyebab wanita sulit hamil adalah karena adanya masalah ovulasi,
  • Gaya Hidup tidak sehat yang mengganggu kondisi kesuburan wanita adalah perokok dan makanan cepat saji.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger