Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Posisi Menyusui Bayi Kembar

Cara Menyusui Bayi Kembar
Menyusui Bayi Kembar tentu akan membutuhkan tenaga ekstra, dan tentu hal ini akan sangat baik apabila kedua bayi tetap mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. Banyak orang tentu membayangkan betapa repotnya apabila harus mengurus bayi kembar, terutama saat menyusui. Namun tentu, hal ini sebenarnya tidak perlu ditakutkan, apabila anda mengetahui cara yang tepat.

Pada artikel ini, Tips Kesehatan untuk Keluarga akan memberikan, cara menyusui bayi kembar, sehingga terasa nyaman dan tidak merasa repot, yang diantaranya adalah:
  • Posisi Menyusui Bayi kembar dengan cara menggendong (The Cradle Hold), yaitu dengan memeluk kedua bayi dengan posisi kepala diletakan pada lekuk tangan, kemudian arahkan bayi untuk mendapatkan ASI dari payudara sebelah kanan dan kiri, lakukan secara bergantian.
  • Menyusui Bayi Kembar dengan Posisi Menyangga Kepala Bayi (The Clutch or Football Hold), yaitu dengan cara menyangga kedua kepala bayi dengan telapak tangan, sedangkan tubuh bayi diselipkan di bawah kedua tangan. Bayi yang menyusu dengan payudara kanan maka peganglah dengan tangan kanan, dan bayi yang menyusu dengan tangan kiri, pegang juga dengan tangan kiri. Menyusui Bayi dengan posisi ini, dengan meletakan bayi di atas bantal atau dipangkuan kemudian sangga bagian bahu, leher dan kepala bayi dengan kedua tangan. Arahkan mulut bayi dan biarkan kaki bayi anda menjulur ke belakang.
  • Menyusui Bayi Kembar dengan posisi gabungan, yaitu dengan posisi satu bayi dengan posisi menggendong sedangkan pada bayi yang satunya lagi dengan posisi menyangga kepala Bayi. Lakukan perubahan posisi secara secara bergantian agar bayi lebih nyaman dan ASI tetap lancar.
Kunci Menyusui Bayi Kembar adalah kenyamanan ibu dalam memberikan ASI sehingga dapat rileks. Agar lebih mudah, ibu juda bisa menggunakan bantal penyangga atau menimang bayi. Semua proses perawatan bayi termasuk menyusui bayi kembar, membutuhkan proses, yang tentu harus anda lalui dengan bersabar dan yakinkan diri bahwa, memberikan ASI ekslusif untuk bayi adalah yang terbaik untuk mereka,

Posisi Menyusui bayi kembar memang ada beberapa, dan agar lebih jelas, anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.

Posisi Menyusui Bayi Kembar


Ringkasan:
  • Menyusui Bayi Kembar tentu akan membutuhkan tenaga, teknik dan kesabaran yang ekstra,
  • Menyusui bayi kembar bisa dengan tiga posisi yang paling umum, diantaranya menggendong, Menyangga Kepala Bayi dan gabungan.
  • Kunci Sukses Menyusui Bayi Kembar adalah kenyamanan ibu dan bayi

Post a Comment for "Tips Posisi Menyusui Bayi Kembar"