Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Senam Hamil yang Sederhana dan Mudah

Cara Sederhana Senam Hamil
Gerakan senam ibu hamil yang membantu memudahkan persalinan, sering menjadi pertanyaan dan mungkin termasuk Bunda?Tidak sedikit bunda yang membayangkan bahwa senam hamil itu rumit dan hanya bisa dilakukan di rumah sakit.Padahal ada beberapa gerakan Senam Ibu Hamil yang mudah, sederhana dan bisa dilakukan kapanpun.

Senam Hamil yang Sederhana dan Mudah ada 5 macam yaitu posisi duduk bersila, merangkak, berbaring , berbaring terlentang dan berbaring miring. Saat melakukan gerakan senam hamil bunda juga bisa melatih pernapasan sehingga saat persalinan bisa mengatur pernapasan untuk kuat dalam mengejan. Adapun lima gerakan sederhana senam ibu hamil yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

Senam Kegel merupakan senam perenggangan dan menguatkan panggul ibu hamil agar melahirkan lebih mudah.Senam kegel untuk ibu hamil juga bisa melatih otot di sekitar kandung kemih, uretra, rektum dan rahim.Senam Kegel bisa dilakukan saat sedang duduk atau berdiridengan durasi 3-10 detik, dan diulangi latihan 4 kali perhari.

Berjalan kaki juga menjadi salah satu senam hamil yang dapat mempercepat persalinan. Berjalan kaki bisa dilakukan terutama pada usia kehamilan memasuki trisemester ketiga karena juga dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir dan persalinan lebih mudah.

Senam Jongkok, bisa dilakukan dengan posisi punggung lurus dan secara berlahan menurunkan badan sampai posisi jongkok. Tahan posisi jongkok selama 10 detik untuk selanjutnya kembali ke posisi berdiri.Ulangi gerakan Senam Ibu Hamil ini beberapa kali sehari untuk memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul.

Senam ibu hamil dengan posisi merangkak dan memiringkan panggul dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama saat usia kehamilan Bunda memasuki usia trimester ketiga. Untuk selanjutnya posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung.Tengadahkan kepala ke atas sambil menarik nafas dan melepas nafas.Lakukan gerakan ini secara santai, dan lakukan secara rutin beberapa kali sehari.

Pose tailor adalah gerakan senam hamil yang disebut pose kupu-kupu dalam yoga. Adapun senam ini bisa dilakukan dengan duduk di lantai dan punggung lurus dinding.Untuk selanjutnya kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah sampai menyentuh lantai.Manfaat gerakan senam ibu hamil ini adalah untuk melatih otot paha menghilangkan stres punggung bawah pada ibu hamil.Lakukan gerakan ini selama 10-20 detik dan ulangi beberapa kali dalam satu hari.

Artikel mengenai Gerakan Senam Ibu Hamil yang sederhana dan mudah ini diharapakan bisa membantu kelancaran kehamilan bunda dan mempermudah saat persalinan. Anda juga bisa melakukan senam hamil yang disesuaikan dengan usia kehamilan sehingga manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

Ringkasan:
  • Senam ibu hamil yang sederhana yaitu posisi duduk bersila, merangkak, berbaring , berbaring miring dan berbaring terlentang,
  • Saat melakukan senam sebaiknya ibu hamil juga melatih pernapasan saat terjadi kontraksi,
  • Gerakan Senam Ibu Hamil bisa dilakukan saat saat waktu santai di dalam rumah.

Post a Comment for "Cara Senam Hamil yang Sederhana dan Mudah"