Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil

Pantangan Minuman Ibu Hamil
Perkembangan janin dalam kandungan merupakan masa yang rentan dari pengaruh yang terjadi. Hal ini mencakup dari pola kehidupan maupun keturunan sehingga akan berakibat pada gangguan perkembangan janin.

Memiliki bayi yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap ibu hamil, sehingga berbagai cara pun dilakukan agar kesehatan si buah hati tetap terjaga. Bahkan, banyak sekali tradisi yang ada di masyarakat sehubungan dengan kehamilan. Beberapa tradisi ini memiliki tujuan untuk menjaga kehamilan hingga masa kelahiran.

Jika ditinjau secara medis, terdapat beberapa tradisi masyarakat yang memang tidak ada kaitannya dengan kesehatan. Hanya saja, pada dasarnya seorang wanita hamil dituntut agar dapat menjaga asupan gizi guna mendukung tumbuh kembang janin pada masa kehamilan. Namun, selain memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil, terdapat juga beberapa makanan pantangan yang harus dihindari selama hamil. Hal ini dilakukan agar makanan yang diasup tidak mempengaruhi kesehatan dan perkembangan dari janin yang berada dalam kandungan.

Makanan pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah jenis makanan mentah. Nah, bagi Anda wanita hamil yang menyukai makanan Jepang seperti sushi, ada baiknya untuk menghindari jenis makanan yang satu ini. Makanan mentah seperti ini rentang terhadap bakteri, parasite, dan juga virus sehingga akan berakibat pada terganggunya janin. Maka dari itu, usahakan untuk mengolah sayuran maupun daging dengan matang agar terbebas dari bakteri.

Selain makanan mentah, wanita hamil juga harus menghindari beberapa jenis makanan laut. Meskipun mengkonsumsi seafood atau makanan laut bagus untuk  wanita hamil, namun hindari mengkonsumsi jenis ikan tertentu, seperti mackerel, ikan todak dan tilefish. Jenis ketiga makanan pantangan untuk ibu hamil ini dikhawatirkan memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yang mana nantinya akan mengganggu perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Sedangkan untuk jenis minuman, wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Jenis minuman ini dikhawatirkan akan mengakibatkan keguguran atau lahirnya bayi dengan berat badan rendah. Namun, minuman jenis ini tidak serta merta dilarang, karena wanita hamil bisa tetap mengkonsumsi asalkan dalam jumlah yang wajar, yakni sekitar 1-2 cangkir setiap harinya.

Terakhir, wanita hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain dapat mengganggu kesehatan, minuman beralkohol ini dapat menghambat asupan nutrisi janin yang ada dalam kandungan. Lebih parahnya, dengan mengkonsumsi minuman beralkohol ini akan menjadikan tersendatnya oksigen yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar makanan dan minuman pantangan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Ringkasan:
  • Menjaga asupan gizi saat kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang bayi terjaga.
  • Ada beberapa makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti makanan mentah dan mengandung merkuri.
  • Selain makanan, minuman mengandung alkohol dan kafein sangat tidak dianjurkan dikonsumsi.

Post a Comment for "Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil"