Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari

Mengatasi Bau Mulut
Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari memang perlu dilakukan, hal ini terutama bagi yang sudah mempunyai pasangan. Karena jangan sampai maksud hati ingin mengucapkan selamat pagi pada pasangan sambil memberi ciuman mesra, tertunda atau batal karena bau mulut.

Aktifitas menggosok gigi sebelum tidur ternyata tidak mampu menghilangkan bau mulut sulit di pagi hari.  Sehingga pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunga akan memberikan Tips Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari, yang diantaranya adalah:

Meskipun Anda merasa telah menggosok setiap bagian gigi dengan teliti, namun ternyata bisa saja masih ada sisa makanan yang tertinggal dan hal ini akan memicu kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang memakan partikel sisa makanan di dalam mulut, akan mengeluarkan komponen sulfur melalui respirasi anaerobik. Sehingga bagi anda yang ingin menghilangkan napas di pagi hari, selalu sikat gigi sebelum tidur, membersihkan bagian lidah dan diakhiri dengan menggunakan obat kumur nonalkohol.

Hindari bernapas menggunakan mulut, hal ini ini dikarenakan air liur akan menjadi kering. Air liur ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan membersihkan partikel makanan. Apabila produksi saliva berkurang atau mengering karena bernafas menggunakan mulut, maka bakteri akan lebih mudah berkembang. Untuk mencegah tidur mendengkur atau bernapas melalui mulut saat tidur, maka ubahlah posisi tidur. Hidung tersumbat akibat flu juga bisa menyebabkan kita mengambil napas lewat mulut, untuk itu segera atasi gejala flu menggunakan obat dekongestan.

Mencegah mulut kering dengan memperbanyak konsumsi banyak air dan menggunakan obat kumur nonalkohol sebelum tidur karena dapat membuat produksi saliva semakin sedikit.

Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang asam pada malam hari. Hal ini dikarenakan selain menyukai mulut yang kering, bakteri juga lebih senang hidup di lingkungan yang asam untuk makan dan berkembang biak. Mengurangi keasaman mulut juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung baking soda.

Mengkonsumsi Makanan renyah seperti buah apel dan juga sayuran, untuk meningkatkan produksi saliva atau air liur. Jenis makanan ini merangsang aliran saliva dan secara mekanis membersihkan mulut dan noda di permukaan gigi.

Ringkasan:
  • Menggosok gigi sebelum tidur tidak selalu bisa mengurangi bau mulut di pagi hari,
  • Bau mulut disebabkan karena komponen sulfur yang dikeluarkan bakteri saat mencerna sisa-sisa makanan di mulut,
  • Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari bisa dilakukan dengan menggosok gigi sebelum tidur dengan bersih mengkonsumi buah dan sayuran saat malam hari.

Post a Comment for "Tips Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari"