Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Penyebab Kemandulan Pria dan Wanita

Penyebab Kemandulan Pria dan Wanita
Penyebab Kemandulan Pria dan Wanita ternyata tidak selalu disebabkan oleh gaya hidup yang buruk atau akibat kebiasaan seksual menyimpang. Namun ada beberapa penyakit yang diketahui juga bisa menyebabkan kesuburan pria dan wanita menurun bahkan Mandul.

Kemandulan adalah ketidakmampuan biologis seorang wanita untuk hamil atau seorang pria menghamili, bahkan setelah mencoba untuk waktu yang lama dan dengan pengobatan atau melakukan program kehamilan dengan dokter ahli. Masalah wanita sulit hamil bisa disebabkan karena pihak wanita, bisa juga karena pihak pria yang mempunyai kualitas sperma jelek, atau kesuburan wanita tidak normal, atau disebabkan karena keduanya.

Adapun penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan Kemandulan pada pria dan wanita adalah sebagai berikut:

Diabetes Menyebabkan Pria Mandul

Penyakit Diabetes telah diketahui sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan masalah kemandulan pada pria. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Inggris, dimana kualitas sperma yang menderita diabetes mengalami kerusakan DNA dan konsentrasi sperma terpengaruhi secara signifikan. Perubahan konsentrasi dan kerusakan DNA pada sperma menyebabkan tidak bisa terjadi pembuahan.

Penyakit Celiac pada pria dan wanita

Penyakit Celiac adalah penyakit dengan kondisi lapisan dari usus kecil rusak, yang mengakibatkan penyerapan nutrisi makanan tidak sempurna. Wanita yang menderita penyakit Celiac biasanya memiliki masa subur reproduksi pendek dan menopause lebih cepat. Sedangkan pada pria, penyakit Celiac memicu terjadinya disfungsi gonad yang mempengaruhi fungsi testis, sehingga menyebabkan kesuburan pria terganggu.

Gangguan Tiroid Pada Wanita

Sekitar 10 % masalah wanita sulit hamil disebabkan karena berat badan dan gangguan pada tiroid yang mempengaruhi ovulasi dan kemampuan seorang wanita untuk mempertahankan kehamilan. Penderita tiroid memiliki peningkatan jumlah sel pembunuh alami yang menyerang perkembangan embrio, sehingga menyebabkan keguguran. Penyakit ini bisa diobati dengan efektif melalui tindakan medis, jadi anda tidak perlu khawatir dan takut memeriksakan diri apabila setelah setahun menikah belum juga mendapatkan kehamilan.

Ringkasan:
  • Penyebab Wanita sulit hamil bisa disebabkan karena terganggunya kesuburan wanita atau pria dan bisa dari keduanya,
  • Penyebab Kemandulan Pria dan wanita akibat penyakit adalah Diabetes, Celiac dan Gangguan Teroid

Post a Comment for "Penyakit Penyebab Kemandulan Pria dan Wanita "