Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuh Kelebihan IUD atau KB Spiral

Pemasangan IUD
Alat Kontrasepsi IUD atau spiral merupakan salah satu dari sekian banyak metode mengatur jarak kehamilan yang disetujui oleh American Academy of Pediatric. Alat kontrasepsi ini baik digunakan wanita dengan usia muda sampai mengalami monopuse.

Saran untuk penggunaan IUD tentu tidak dengan alasan yang sembarangan, karena penggunaan Alat Kontrasepsi ini sebenarnya mempunyai kelebihan-kelebihan yang diantaranya adalah:

IUD aman digunakan, karena efek samping IUD diawal peluncurannya telah mampu diatasi dengan baik. Masalah kesuburan dan infeksi panggul yang terjadi pada awal kemunculannya di tahun 1960-an sudah bisa diatasi dengna baik.

Pemasangan IUD mungkin sedikit sakit, namun masih bisa diatasi. Meski prosesnya cepat, pemasangan IUD secara teknis termasuk prosedur bedah minor. Saat Pemasangan, Dokter menggunakan spekulum untuk menemukan leher rahim, untuk kemudian melebarkannya dan memasukkan IUD melalui saluran serviks dan menempatkannya di dalam rahim. Saat pemasangan, anda mungkin akan mengalami kram, mirip ketika sedang haid.

IUD aman digunakan pada wanita yang belum pernah hamil, meski pemasangannya akan lebih mudah bagi wanita yang pernah melahirkan secara normal.

IUD bisa dilepas kapan saja dan caranya mudah, dan anda akan kembali subur setelahnya. IUD berbentuk seperti huruf T yang fleksibel, sehingga mudah saat akan dikeluarkan. Apabila anda memilih IUD non-hormonal, kesuburan akan kembali dalam waktu sekitar satu bulan. Namun apabila Anda menggunakan IUD hormonal, kesuburan Anda akan kembali dalam waktu tiga bulan.

Suami tidak akan merasakan IUD di dalam rahim saat berhubungan. Hal ini dikarenakan bagian bawah IUD dilengkapi dengan string. Dan saat kehangatan string menjadi serupa dengan suhu tubuh, IUD akan melembut dan bergulung di sekitar leher rahim. Namun, apabila menurut Anda IUD mengganggu Anda atau pasangan, segera berkonsultasilah dengan dokter, karena mungkin benang terlalu panjang atau pemasangan tidak pas atau IUD meleset.

IUD bisa mengubah periode haid yang tidak teratur dan mengalami kram bisa teratasi dengan penggunaan IUD.

Alat Kontrasepsi IUD mempunyai tingkat efektivitas hingga lebih dari 99 persen. Bandingkan dengan tingkat kegagalan pil, yang apabila Anda lupa meminumnya sesuai ketentuan, risiko kehamilan akan meningkat. Dan saat setelah pemasanan IUD anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi untuk mencegah kehamilan. Kecuali melakukan pengecekan sesuai dengan saran dokter.

Ringkasan:

  • Alat Kontrasepsi IUD bisa digunakan wanita dengan usia muda sampai mengalami monopuse,
  • IUD bahkan aman digunakan untuk wanita yang belum pernah hamil,
  • Alat Kontrasepsi IUD atau sepiral mempunyai tingkat efektivitas lebih dari 99 %,

Post a Comment for "Tujuh Kelebihan IUD atau KB Spiral"