Home » , , , » 7 Penyebab Sulit Tidur Malam Hari

7 Penyebab Sulit Tidur Malam Hari

Mengatasi Sulit Tidur
Tidur akan memberi dampak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga apabila anda kurang tidur dalam jangka waktu panjang akan dikaitkan dengan beragam penyakit seperti hipertensi, gangguan jantung, dan diabetes. Dengan mencukupkan tidur (minimun 6 jam), badan sehat akan dan bugar sehingga fit dalam setiap saat.

Untuk itu bagi anda yang ingin tetap sehat, sebaiknya mengetahui penyebab kurang tidur itu sendiri. Pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda telah merangkum yang diantaranya adalah:

Jam tidur yang tidak teratur, seperti contoh malam ini anda tidur jam 12 malam, dan keesokan harinya tidur jam 8 malam sebagai bentuk kompensasi dari malam sebelumnya. Hal ini merupakan cara yang salam dalam memperbaiki pola tidur. Cara yang tepat adalah apabila malam ini Anda tidur jam 12 malam, untuk keesokan hari jangan langsung tidur lebih awal dibanding hari-hari normal lainnya. Tahan kantuk sampai jam tidur seperti biasanya. Kemudian secara perlahan mundurkan jam tidur dan ulangi pola tersebut.

Minum kafein akan menjadi stimulan penahan kantuk dan bertahan dalam tubuh hingga 8 jam. Selain penahan kantuk, kafein juga meningkatkan adrenaline. Untuk itu sebaiknya kopi hanya disarankan diminum di pagi atau siang hari, bukan di malam hari ketika anda ingin tidur.

Sorot cahaya dari lampu hias atau gawai bisa mengganggu tidur anda. Sehingga sebaiknya lampu ini mulai dimatikan saat anda menjelang tidur.

Tidur bersama peliharaan tidak disarankan, karena bisa jadi di tengah malam hewan peliharaan anda terbangun dan menjilati wajah atau melakukan hal lain yang tentu akan mengganggu tidur Anda.

Stres, gelisah, gugup merupakan beberapa faktir yang juga bisa mengganggu pola tidur anda. Apabila Anda merasa pola tidur terganggu karena hal ini, segera luangkan waktu untuk rileks, meditasi atau yoga sebelum tidur untuk membantu meredakan kegelisahan tersebut.

Mendengkur adalah salah satu gejala utama dari sleep apnea atau henti napas saat tidur. Dan perlu anda ketahui, 80 % kasus sleep apnea tidak terdiagnosis karena sering tidak disadari. Sebaiknya anda segera konsultasi dengan dokter apabila mendengkur disertai dengan mulut kering, radang tenggorokan, tiba-tiba terbangun di tengah malam dalam keadaan sesak napas dan susah fokus.

Berolahraga juga bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami susah tidur, karena banyak orang bisa tidur lelap saat tubuh benar-benar merasa kelelahan. Dan tentu salah satu cara untuk membuat badan lelah namun tetap sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga juga mengurangi stres yang membuat seseorang susah tidur di malam hari sehingga membuat kantuk di siang hari.

Ringkasan:

  • Waktu tidur minimum pada malam hari adalah enam jam,
  • Pola tidur yang tidak teratur akan memberikan efek pada jangka panjang,
  • Efek jangka panjang tidur tidak teratur adalah penyakit hipertensi, jantung, dan diabetes.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger