Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala
Sakit Kepala adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh manusia. Hal ini disebabkan biasanya disebabkan karena Udara panas,.Aroma yang menyengat, Ikatan rambut terlalu kencang, latihan fisik berlebihan, postur tubuh yang salah, zat tiramin, telat makan, dehidrasi, asap rokok, konsumsi kafein berlebihan, stress dan masih banyak penyebab sakit kepala yang lain.

Adapun cara mengatasi keluhan keluhan sakit kepala yang sederhana adalah sebagai berikut:
  1. Istirahat di ruang gelap dan tenang untuk meredakan stress, yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Cara ini juga bisa melemaskan otot yang tegang karena terlalu banyak pikiran dan aktivitas. Mereka yang menderita sakit kepala jenis ini, biasanya sangat sensitif terhadap suara dan cahaya, sehingga dengan beristirahat di ruangan gelap dapat membuat rileks punggung, leher dan bahu.
  2. Akupuntur (Tusuk jarum) dapat membantu melepaskan endorfin untuk melegakan nyeri di leher, bahu dan kepala. Dengan metode ini dapat mengurangi gangguan sakit kepala karena ketegangan.
  3. Kafein membantu obat pereda nyeri alami bekerja lebih baik dan cepat untuk mengurangi gejala sakit kepala. Bahkan Kafein biasanya ditambahkan leh produsen obat pereda nyeri, untuk mempercepat kinerja obat tersebut.
  4. Latihan pernapasan dalam juga diketahui dapat mengurangi stres dan nyeri sakit kepala. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah ambil beberapa napas dalam, Buang napas secara perlahan dan lemaskan daerah yang terasa kencang dan kram sambil membayangkan hal-hal indah dan damai. Selanjutnya turunkan dagu ke dada lalu angkat perlahan dan lembu, Putar kepala secara perlahan setengah lingkaran dari kiri ke kanan lalu kea rah sebaliknya. Gerakan terakhir adalah ambil napas dalam lagi dan buang napas secara perlahan.
  5. Terapi panas atau dingin untuk melegakan ketegangan dan nyeri otot yang biasanya menyertai sakit kepala. Anda bisa melakukan mandi air hangat atau mengompres kepala dengan handuk basah hangat atau botol air hangat. Apabila anda lebih suka kompres dingin, maka bungkuslah es batu di dalam handuk dan kompres di bagian tubuh yang terasa sakit dan memicu sakit kepala.
  6. Pijat bisa dilakukan untuk meredakan ketegangan di kepala, bahu, leher. Namun tentu sebaiknya pemijatan dilakukan oleh seorang ahli terapi.
  7. Melakukan gerakan peregangan otot leher dapat mengurangi ketegangan otot leher karena menahan satu posisi terlalu lama. Adapun gerakan yang dilakukan adalah dengan meletakkan telapak tangan di dahi. Untuk selanjutnya gunakan otot leher untuk menekan dahi melawan telapak tangan, namun tetap jaga agar kepala tetap dalam posisi tegak.
  8. Minum obat pereda sakit kepala seperti aspirin, acetaminophen, ibuprofen yang merupakan obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun apabila dalam waktu tiga hari setelah minum obat, gejala sakit kepala tidak juga sembuh, maka segeralah berobat ke dokter.
Delapan Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala diatas bisa anda lakukan dirumah dan tanpa pengawasan. Namun apabila sakit kepala yang anda rasakan disertai demam, leher kaku, penglihatan dobel atau tidak jelas, sulit bergerak, muntah, mual, napas terengah-engah maka segeralah mencari pertolongan medis.

Ringkasan:
  • Penyebab Sakit Kepala adalah banyak faktor, namun yang paling sering adalah stress dan rutinitas yang terlalu tinggi,
  • Sakit Kepala bisa disembuhkan dengan cara mudah, murah dan tidak menghabiskan banyak waktu,
  • Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala diantaranya adalah Istirahat, Akupuntur, Kafein, Latihan pernapasan dalam, Terapi panas atau dingin dan Pijat

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala"