Home » , , , , » 10 Mitos Dalam Dunia Kesehatan

10 Mitos Dalam Dunia Kesehatan

Sepuluh Mitos Kesehatan
Mitos Kesehatan yang pertama adalah air es membuat perut buncit.  Disini saya ingin meluruskan bahwa pernyataan air es membuat perut buncit sebenarnya adalah mitos. Mengapa?  Karena air yang kita konsumsi sehari-hari itu baik dalam suhu normal, atau dipanaskan, ataupun dalam bentuk es batu, kalorinya tetap sama. Yaitu 0 kalori.  Jadi, tidak akan membuat perut anda bertambah buncit.  Yang membuat perut anda bertambah buncit adalah jika anda mengkonsumsi kalori yang berlebihan,  karena akan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh anda. Terutama di bagian perut. Jadi walaupun anda minum es, minum air panas, atau air dalam suhu biasa, itu tidak akan mempengaruhi kondisi perut anda.  Kecuali anda minum 1 galon. Tentu saja perut anda akan buncit karena kekenyangan.

Mitos kesehatan yang kedua adalah mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Sebenarnya teh hijau kalau kita konsumsi secara teratur, maka dapat menjaga tubuh kita agar lebih sehat.  Karena di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan dan polifenol. Contohnya seperti EGCG atau “Epigallocatechin gallate” dapat membantu menjaga kondisi jantung.  Kemudian berperan sebagai antioksidan (menangkal radikal bebas). Dan juga dapat berperan dalam menurunkan berat badan.  Namun dalam satu cangkir teh hijau, dosis atau kandungan EGCG tadi sangatlah rendah.  Jadi jika anda hanya mengkonsumsi 1 cangkir setiap hari, maka tidak akan banyak berpengaruh terhadap penurunan berat badan anda.  Mungkin anda bisa mencarinya dalam bentuk suplemen yang kandungannya lebih tinggi.  Tetapi jika hanya mengandalkan 1 cangkir teh setiap hari, itu tidak akan berpengaruh. Dan yang lebih penting lagi jika anda ingin menurunkan berat badan anda, terutama adalah dengan mengatur jumlah asupan kalori anda dengan berolahraga. Minum teh hijau boleh-boleh saja untuk menjaga kesehatan.  Namun jangan diminum dengan dosis yang berlebihan karena tidak baik untuk lambung anda.  Dan kadar kafein yang terlalu tinggi juga dapat mengganggu kesehatan anda.

Mitos kesehatan yang ketiga adalah pembalut wanita dapat menyebabkan kemandulan. Jika anda seorang wanita yang sedang menstruasi atau menggunakan pembalut, sebenarnya pembalut dapat menjaga organ intim anda agar tetap bersih.  Jika anda menggunakan pembalut, sebaiknya gantilah pembalut anda setiap 3 sampai 4 jam sekali, dan pilihlah pembalut yang baik. Dengan demikian, organ intim anda dapat terjaga dengan baik. Apabila anda lupa mengganti pembalut atau anda malas mengganti pembalut,  maka dapat menyebabkan penumpukan kuman, menyebabkan tumbuh jamur dan dapat menyebabkan “keputihan”.  Jadi, pernyataan bahwa pembalut dapat menyebabkan kemandulan adalah mitos.

Mitos kesehatan yang keempat, wanita berusia lanjut tidak mungkin hamil.  Bagi anda para wanita, mungkin anda pernah merasa, ‘Saya sudah berusia 45 tahun. Saya sudah berusia 47 tahun. Saya tidak mungkin hamil lagi’.  Sebenarnya ini adalah mitos.  Selama anda masih menstruasi, maka ada kemungkinan untuk hamil jika anda melakukan  hubungan s*ksu*l, tentunya. Cara agar anda pasti tidak hamil adalah anda jangan melakukan  hubungan s*ksu*l atau anda sudah tidak menstruasi lagi.  Dalam tanda kutip anda sudah masuk masa “menopause”.


Mitos kesehatan yang kelima adalah minum air kencing dapat menyembuhkan diabetes.  Hal ini memang sedang viral dan heboh.  Ada yang mengatakan bahwa air kencing dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Ada yang mengatakan bahwa minum air kencing binatang tertentu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes.  Disini saya ingin mengatakan bahwa itu adalah mitos.  Mungkin sampai sekarang pun belum ada bukti penelitian mengenai hal tersebut.  Dan selama belum ada penelitian, saya mengatakan bahwa hal itu adalah mitos. Mengapa?  Karena air seni adalah sisa pembuangan dari tubuh yang tidak kita perlukan lagi, dan akhirnya dibuang oleh tubuh kita.  Mungkin ada air seni masih terdapat kandungan mineral atau berbagai jenis zat-zat lainnya.  Tetapi, sebenarnya tubuh kita sudah tidak membutuhkannya. Itulah sebabnya dibuang.

Mitos kesehatan yang keenam adalah minum obat diabetes untuk mencegah diabetes.  Jadi, banyak roang yang beranggapan, ‘Sebelum saya kena diabetes, saya harus minum obat diabetes supaya saya tidak terkena diabetes’. Hal ini adalah mitos. Dan ini adalah pemikiran yang keliru. Mengapa?  Karena ketika anda dalam kondisi gula darah yang normal, kemudian anda minum obat diabetes tanpa pengawasan dari dokter atau anda membelinya sembarangan,  maka justru gula darah anda menurun drastis.  Dan akibatnya, anda akan kekurangan gula di dalam darah anda, atau disebut dengan ‘hipoglikemia’.  Jika gula darah anda turun berlebihan, anda akan mengalami pusing, gemetar, dan bahkan bisa koma.  Dan jika tidak cepat ditolong, mungkin anda bisa meninggal.  Jadi, mengkonsumsi obat diabetes dalam kondisi gula darah anda masih normal sebaiknya tidak dianjurkan. Dan itu tidak boleh anda lakukan.

Mitos kesehatan yang ketujuh adalah ‘bintitan’ pada kelopak mata disebabkan karena suka mengintip. Hal ini juga merupakan mitos.  Baik anda itu mengintip atau apapun, atau mau lirik cewek sekalipun, itu tidak akan menyebabkan bintitan pada kelopak mata anda.  Karena bintitan sebenarnya ini adalah masalah higienis. Mungkin setelah naik sepeda motor, tidak pakai masker, tidak pakal helm sehingga terkena debu, atau tangan anda kotor sering digunakan untuk mengucek mata.  Mungkin daya tahan tubuh anda sedang drop, sehingga mudah infeksi di daerah kelopak mata.  Jadi, tidak ada hubungannya bintitan di kelopak mata dengan mengintip, atau melirik cewek dan sebagainya.

Mitos kesehatan yang kedelapan adalah vegetarian atau vegan tidak mendapatkan cukup protein.  Disini saya juga akan mebahasnya. Banyak orang yang beranggapan jika kita hanya makan sayur & buah, misalkan saya menjadi vegetarian.  Anda makan daging, sedangkan saya akan kekurangan protein. Sebenarnya hal ini keliru.  Mengapa? Karena sumber protein juga bisa kita dapatkan dari ‘nabati’. Bukan hanya ‘hewani’.  Memang benar sumber protein lebih mudah kita dapatkan dari daging, telur dan ikan.  Tetapi jangan salah, dulu kita juga pernah belajar bahwa sumber protein itu bisa kita dapatkan dari nabati. Seperti kacang-kacangan.  Di sayur-sayuran juga terdapat protein, walaupun jumlahnya sangat kecil.  Untuk itu, dianjurkan bagi mereka yang vegetarian untuk mengkonsumsi berbagai varian tumbuhan atau tanaman,  termasuk jenis kacang-kacangan dan biji-bijian agar anda mendapatkan kualitas protein yang baik.

Mitos kesehatan yang kesembilan, tidur siang dapat menyebabkan anda tidak bisa tidur di malam hari (insomnia).  Atau orang bilang begini, ‘Dok, kalau saya tidur siang, malamnya saya tidak bisa tidur’. Sebenarnya, tidur siang itu juga bermanfaat bagi tubuh anda.  Jadi bagi anda yang berpikir keras dalam satu hari atau bekerja, tidur siang sebenarnya dapat memulihkan tenaga anda.  Juga dapat mengurangi tingkat stress anda.  Namun tidur siang yang dianjurkan adalah jangan berlebihan. Mungkin cukup sekitar 30 menit sampai 1 jam. Itu sudah cukup. Mungkin bagi anda yang tidur jam 1 siang sampai jam 6 sore, wajar saja kalau malamnya anda tidak bisa tidur.  Karena tidur siang anda terlalu lama.

Mitos kesehatan yang kesepuluh, adalah  “saya tidak akan terkena penyakit menular s*ksu*l jika saya mengkonsumsi pil KB”.  Disini saya mengatakan bahwa itu adalah mitos. Karena apa?  Sebenarnya pil KB bertujuan untuk menunda kehamilan, apabila digunakan sesuai dengan dosis/anjuran yang tepat. Untuk terhindar dari penyakit menular s*ksu*l adalah dengan tidak gonta-ganti pasangan,  jadi bagi anda yang sudah menikah, tetaplah setia dengan pasangan anda.  Bagi anda yang belum menikah, jangan berhubungan seks dulu sebelum anda menikah atau sebelum waktunya. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Ringkasan:
  • Mengkonsumsi 1 cangkir teh hijau setiap hari tidak akan banyak berpengaruh terhadap usaha anda menurunkan berat badan,
  • Belum ada bukti penelitian mengenai minum air kencing dapat menyembuhkan diabetes dan penyakit-penyakit lainnya,
  • Bintitan di kelopak mata disebabkan karena adanya infeksi yang dipicu kotoran, debu dan daya tahan tubuh yang sedang lemah.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger